Buserpantura.id Karanganyar - Tim Asistensi dari Polda Jawa Tengah melakukan supervisi mendalam terhadap layanan Call Center Polisi 110 di Polres Karanganyar, Rabu (18/6/2025).
Kunjungan yang bertujuan untuk memastikan optimalisasi dan kesiapan layanan darurat bagi masyarakat ini, dipimpin langsung oleh Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda. Dia didampingi oleh Dir Samapta Kombes Pol. Dr. Risto Samodra, serta Kabid TIK Kombes Pol Didik Dwi Santoso.
Dalam supervisi tersebut, tim asistensi tidak hanya meninjau ruang pelayanan Call Center 110, tetapi juga memeriksa secara langsung kesiapan seluruh peralatan yang menunjang fungsi layanan tersebut.
Pengecekan juga dilanjutkan terhadap kesiapan Ton Raimas beserta kelengkapan yang menunjang sebagai unit reaksi cepat Polres Karanganyar.
Kombes Pol Basya Radyananda secara tegas menekankan pentingnya profesionalisme dan tanggung jawab para operator dalam menjalankan tugas mereka. Ia mengingatkan bahwa setiap petugas call center harus memahami peran dan fungsi mereka secara menyeluruh. Hal ini krusial agar setiap laporan dari masyarakat dapat ditangani dengan cepat dan tepat.
“Pahami dan kuasai tugas dari operator call center 110, serta laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, terus belajar dalam meningkatkan komunikasi dengan masyarakat melalui sambungan telepon sehingga dalam melayani masyarakat dapat berjalan optimal,” tegasnya.
Lebih lanjut, Kombes Basya juga mendorong pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai alat bantu bagi operator dalam menangani laporan yang kompleks. Ia berharap para operator tidak hanya berfungsi sebagai penerima aduan, melainkan juga mampu menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat.
“Jangan sampai masyarakat kecewa kepada kita karena petugas enggan merespons panggilan. Jadilah problem solver bagi masyarakat,” pungkasnya, menekankan komitmen Polri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Khnza Haryati
Social Footer